Inilah Cara Menghadapi Anak Yang Malas Belajar

Banyak orang tua merasa khawatir saat melihat anaknya malas belajar. Sebagai solusinya, banyak orang tua memilih memasukkan anaknya ke tempat les atau bimbingan belajar. Padahal, belum tentu solusi tersebut sesuai dengan apa yang anak butuhkan,

Selalu ada penyebab di balik kebiasaan anak yang sering malas-malasan ketika diminta untuk belajar atau mengerjakan PR. Nah, mengenali penyebab anak malas belajar adalah langkah pertama yang harus dilakukan orang tua untuk mengatasinya.

BerikutĀ Tips Mengatasi Anak Yang Malas BelajarĀ :

  • Kenali Gaya Belajar Anak

Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Sebagian anak suka belajar dengan cara membaca, sebagian lainnya dengan mendengarkan, sementara lainnya lebih suka melalui praktek.

Dengan mengenali gaya belajar anak, orang tua akan lebih mudah memodifikasi materi dan sistem belajar agar sesuai dengan kebutuhan anak.

  • Buat Suasana Belajar Yang Menyenangkan

Proses belajar anak dapat berlangsung dimana pun, tidak hanya di ruang belajar saja.

Orang tua dapat mengajak anak ke museum untuk belajar sejarah, ke kebun binatang untuk belajar tentang flora dan fauna, atau ke pusat-pusat edukasi ramah anak lainnya.

  • Bangun Komunikasi Dengan Anak

Sebelum menyuruh anak untuk belajar, orang tua harus membuka ruang komunikasi dengan anak terlebih dahulu. Tujuan komunikasi ini ialah agar orang tua paham apa yang menyebabkan anak malas belajar.

Beri anak kesempatan untuk bercerita tentang apa yang ia rasakan terhadap proses belajar, apa kendala yang ia hadapi, serta apa yang ia inginkan untuk membantunya belajar.

Penyebab Anak Malas Belajar :

  • Kesulitan Memahami Materi

Anak cenderung menghindar materi pelajaran yang sulit ia pahami. Konsep materi yang kompleks dan soal-soal yang rumit sering kali menurunkan motivasi belajar anak.

  • Tidak Nyaman Dengan Lingkungan Belajar

Guru yang killer, teman yang suka melakukan bullying, atau fasilitas belajar yang tidak memadai sering kali membuat anak kehilangan motivasi untuk belajar.

  • Kelelahan

Belajar merupakan proses berfikir kompleks yang membutuhkan banyak energi. Jadi, wajar jika anak yang memiliki terlalu banyak aktivitas menjadi malas belajar, karena sudah merasa lelah dan ingin istirahat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here