Inilah Gaya Hidup Yang Bisa Merusak Ginjal

Ginjal ialah salah satu orang yang paling penting bagi kesehatan tubuh. Tanpa adanya ginjal ini, tubuh akan kesulitan menyaring darah dari berbagai macam racun atau zat sisa.

Ginjal juga berperan dalam produksi urine. Masalnya adalah terkadang kita melakukan gaya hidup yang tidak sehat sehingga bisa membuat ginjal menjadi rusak.

Nah Berikut Ini Gaya Hidup Yang Bisa Merusak Ginjal :

  • Berat Badan Berlebihan

Berat badan lerlebih adalah sumber dari berbagai macam masalah kesehatan, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

Pastikan untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat demi menjaga berat badan yang tetap ideal.

  • Sembarangan Minum Suplemen

Suplemen, obat herbal atau jamu jika dikonsumsi dengan sembarangan juga akan membebani kinerja ginjal dan akhirnya merusak organ ini lho.

  • Kebiasaan Merokok

Sudah menjadi rahasia umum jika kebiasaan merokok bisa memberikan dampak sangat buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Masalahnya ialah banyak orang yang tidak menyadari jika hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Pada tahun 2012 sebuah penelitian dilakukan, lalu menghasilkan bahwa fakta berenti meroko selama 16 tahun bisa menurunkan resiko terkena karsinoma sel ginjal.

Sejenis kanker ginjal yang sering terjadi pada orang dewasa hingga 40 %. Kebiasaan merokok ini juga terbukti mampu merusak pembuluh darah sekaligus meningkatkan tekanan darah yang bisa merusak ginjal.

  • Tekanan Darah Tak Terkendali

Tekanan darah tinggi tak hanya bisa menyebabkan resiko terkena penyakit jantung atau stroke meningkat. Hal ini juga bisa menyebabkan dampak buruk bagi ginjal lho.

Hal ini berarti jika kita mengalami tekanan darah tinggi, ginjal juga akan mengalami dampak buruk, termasuk dalam hal mengalami kerusakan.

  • Suka Mengonsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan seperti sosis, nugget, hingga cemilan kemasan memiliki rasa yang enak. Masalahnya ialah, makanan ini sangat tidak sehat dan bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Termasuk bagi organ-organ penting layaknya jantung dan ginjal. Hal ini disebabkan oleh kandungan natrium di dalam makanan olahan yang sangat tinggi.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan natrium maksimal 2.300 mg setiap hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here