Inilah Virus Komputer Yang Terkenal Sepanjang Sejarah

Virus Komputer adalah program / aplikasi yang dapat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan dirinya pada program dan data lainnya.

Biasanya user tidak mengetahui jika komputer yang di milikinya terjangkit virus sampai salah satu data hilang atau program yang ada pada komputer tidak bisa di jalankan.

Berikut Virus Komputer Paling Terkenal Di Dunia :

  • Conficker Virus

Conficker merupakan virus yang termasuk dalam golongan worm. Pertama kali menyerang komputer pada tahun 2008. Virus ini memanfaatkan kelemahan komputer untuk membuat botnet.

Botnet adalah sekumpulan program yang saling terhubung melalui internet yang berkomunikasi dengan program-program sejenis untuk melakukan tugas tertentu.

Virus ini bisa terkenal karena berhasil menginfeksi sebanyak 9 juta komputer di seluruh dunia. Termasuk di dalamnya ialah komputer perusahaan, pemerintahan dan individu.

  • SQL Slammer

SLQ Slammer dirilis pada tahun 2003 bulan januari, virus ini yang bertanggung atas kacaunya jaringan dan sistem komputer di dunia. Kerugian yang mencapai angka 1 miliar USD.

Virus ini juga dikenal dengan nama The Slammer dan Sapphire, ia adalah virus terkenal yang menyerang web server. Jaringan internet dunia sempat mengalami masalah akibat ulah Virus ini.

Menyebar dengan sangat cepat, virus ini dapat mengganggu baik itu jaringan private dan public. Jelas ini mengganggu masa depan dunia internet bila dibiarkan.

  • Storm Worm

Virus Strom Worm dikenal juga dengan nama peacomm dan nuwar. Pada tahun 2007, sebanyak 200 juta email berisi link untuk mendownload storm worm ini. Namun, untuk bisa menyebar, korban perlu mengklik link tersebut.

Ketika korban meng-klik link tersebut secara otomatis virus akan langsung bekerja. Storm Worm memungkinkan hacker untuk mengontrol komputer korban dari jarak jauh.

  • Code Red

Code red pertama kali muncul pada tahun 2001. Kemunculan virus ini berhasil diketahui oleh karyawan Eye Digital Security. Oleh mereka, virus tersebut dinamai Code red.

Alasan kenapa diberikan nama ini, karena virus tersebut ditemukan ketika mereka sedang meminum code red mountain dew.

Virus ini menyerang komputer yang sudah terinstall microsoft IIS. Ketika sudah menyerang, virus ini akan memanfaatkan celah pada sistem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here