Inilah 10 Planet Yang Mirip Dengan Bumi

Inilah 10 Planet Yang Mirip Dengan Bumi

Unik / Aneh – Semesta luar angkasa adalah tempat yang sangat luas. Ada banyak planet di luar sana dengan karateristiknya masing-masing. Sekian banyak planet di luar tata surya kita, ada 10 di antaranya yang memiliki kemiripan dengan planet tempat kita tinggal, Bumi.

Karena kemiripan inilah, para ilmuwan mulai melakukan uji coba apakah planet tersebut kelak nantinya bisa dijadikan tempat tinggal baru untuk manusia Bumi atau tidak.

Berikut 10 Planet Yang Mirip Dengan Bumi. Apa saja?

  • Kepler-22b

Sampailah kita di urutan teratas planet yang paling mirip dengan Bumi. Inilah dia planet Kepler-22b. Kemiripan planet ini dengan Bumi membuatnya mendapat julukan Future Home atau rumah masa depan.

Ditemukan pada 5 Desember 2011, hingga saat ini, masih dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memungkinkan planet ini ditinggali oleh manusia.

Memiliki radius 2,4 kali dari Bumi dan memiliki pasokan air yang cukup menjadikan peneliti yakin akan potensi dari Kepler-22b.

Temperatur paling dingin di planet ini bisa mencapai -110 Celcius, dengan yang paling tingginya 220 Celcius. Planet yang kaya akan air ini adalah planet tempat tujuan manusia pindah apabila hal buruk terjadi pada Bumi.

  • Mars

Masih berada dalam tata surya kita, ada sebuah planet yang tak berbeda jauh dengan Bumi. Dan planet yang dimaksud adalah Mars.

Dengan teknologi kita yang sekarang dan ilmuwan jenius yang ada, sudah banyak percobaan dilakukan untuk mengetes apakah Mars bisa ditempati atau tidak.

Oleh NASA sekalipun, Mars dikatakan sebagai planet terdekat dengan Bumi yang paling mungkin untuk dihuni oleh manusia.

Segala teknologi dikerahkan untuk membuat planet ini bisa dihuni. Medan magnet buatan dikirim untuk membuat atmosfer di Mars agar sama dengan Bumi.

  • Kepler-442b

Planet Kepler-442b masuk dalam pilihan karena banyaknya kemiripan dengan Bumi. Hal ini diperkuat dengan arikel yang diterbitkan di jurnal dengan judul, Astrophysical Journal.

Dalam jurnal tersebut, Bumi mendapat rating 0,829 sedangkan Kepler-442b adalah 0,836. Sayangnya, jarak ke planet Kepler-442b begitu jauh, 1.100 tahun cahaya.

  • Proxima Centauri b

Proxima Centauri b dipercaya adalah planet yang bisa ditinggali oleh manusia. Planet ini memiliki massa 1,3 kali dari massa Bumi.

Kekurangannya adalah, permukaan planet sangat dingin, sekitar -400 Celcius dan memiliki radiasi yang tinggi. Dengan teknologi yang dikembangkan kita saat ini, ada kemungkinan Proxima Centauri b bisa dijadikan planet tempat tinggal yang baru.

  • Gliese 581 g

Di antara planet lain, planet merah Gliese 581 g digadang-gadang sebagai salah satu planet terbaik untuk dijadikan planet tempat tinggal baru manusia. R. Paul Butler dan Steven S. Vogt adalah 2 orang yang berjasa atas penemuan planet merah ini. Planet Gliese 581 g mereka temukan pada 29 September 2010.

Jaraknya dengan Bumi sekitar 20,42 tahun cahaya dan masuk dalam area yang masih mungkin untuk ditinggali. Kemungkinan besar air masih ada di planet tersebut.

Dengan ketiadaan atmosfer yang cocok, planet ini memiliki 1 tahunnya sekitar 66,87 hari. Ketiadaan atmosfer di Gliese 581 g membuat suhu di planet tersebut berada di angka -180 Celcius.

  • Kepler-62e

Untuk bisa ditinggali oleh manusia, sebuah planet harus lulus beberapa persyaratan. Mulai dari suhu, udara, atmosfer, cahaya, air, dan lain sebagainya.

Beruntungnya kita, ada sebuah planet yang memiliki potensi tersebut, planet tersebut adalah Kepler-62e. Planet ini berhasil ditemukan pada 18 April 2013.

Bila diukur dari Bumi, jarak planet Kepler-62e berjarak 1.200 tahun cahaya. Dari hasil pengamatan, Kepler-62e mengandung air, awan, dan iklim yang ramah terhadap manusia.

Waktu orbit Kepler-62e sekitar 122 hari. Berbicara soal ukuran, Kepler-62e berukuran 1,6 kali lebih besar dari Bumi. Jaraknya yang cukup jauh membuat usaha untuk meneliti planet ini agak terganggu.

  • Kepler-452b

Selanjutnya, adalah planet bernama Kepler-452b yang diperkirakan bisa menjadi tempat tinggal manusia berikutnya.

Bukan tanpa alasan, planet satu ini dtelah diamati oleh para ilmuwan dan hasilnya cukup mengejutkan. Kepler-452b memiliki banyak kesamaan dengan planet tempat kita tinggal, Bumi.

Orbit planet Kepler-452b yang mirip dengan Bumi membuatnya planet ini memiliki 385 hari dalam 1 tahunnya. Temperatur Kepler-452b juga tak jauh berbeda dengan Bumi, cocok sekali untuk dijadikan tempat tinggal di masa mendatang.

Meski memiliki banyak kesamaan, Kepler-452b masih memiliki perbedaan yakni di ukurannya. Dibandingkan dengan Bumi, Kepler-42b berukuran 60% lebih besar.

  • Kepler-62f

Kepler-62f ditemukan oleh Eric Agol pada 18 April 2013. Jarak planet ini sekitar 1.200 tahun cahaya di Konstelasi Lyra. Sekali orbit, Kepler-62f membutuhkan 267 hari.

Hanya ukurannya saja yang menjadi pembeda. Dibandingkan dengan Bumi, Kepler-62f, 40% jauh lebih besar. Membuat planet ini bisa menampung lebih banyak manusia.

  • Luyten b

Pencarian planet baru berujung pada planet bernama Luyten b. Oleh para ilmuwan, Luyten b telah dikonfirmasi sebagai exoplanet atau planet yang berada di luar tata surya kita.

Planet yang mirip dengan Bumi ini ditemukan pada 17 Maret 2017. Apakah yang membuat ilmuwan yakin bahwa planet ini bisa dihuni manusia?

Keyakinan ini didasari atas potensi dari planet itu sendiri yang memang dipercaya sudah memiliki penghuni alias alien.

Sejumlah pesan komunikasi pun telah dikirimkan ke planet tersebut dengan harapan adanya komunikasi dengan makhluk asing penghuni Luyten b. Luyten b memiliki besar 3 kali dari Bumi dengan jarak 12,4 tahun cahaya.

  • Tau Ceti e

Memiliki ukuran yang lebih besar dari Bumi, kira-kira 1,8 kalinya Bumi dan memiliki atmosfer yang kuat, planet bernama Tau Ceti e diyakini bisa dimanfaat manusia untuk dijadikan planet tempat tinggal baru. Tak hanya itu, suhu di atmosfer planet ini juga sama dengan Bumi yakni berkisar 700 Celcius.

Planet bernama Tau Ceti e berhasil ditemukan pada 18 Desember 2012. Ada beberapa alasan kuat lain kenapa Tau Ceti berpotensi besar untuk ditinggali manusia.

Matahari di planet tersebut sama dengan Bumi dan sangat stabil. Permukaannya yang agak berbatu dan jaraknya yang berkisar 11,9 tahun cahaya yang menjadi masalah untuk diteliti lebih lanjut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*