Inilah Penyebab Begitu Banyak Umat Muslim yang Masuk Neraka

Inilah Penyebab Begitu Banyak Umat Muslim yang Masuk Neraka

Pendidikan – Umat muslim memiliki kesempatan untuk masuk surga, namun meskipun begitu saat nanti di akhirat, banyak sekali umat muslim yang justru menghuni neraka.

Semua manusia termasuk umat muslim akan dipertanggungjawabkan segala perbuatannya di dunia, mereka akan masuk neraka untuk menebus dosa-dosa yang mereka lakukan.

Sering kali seseorang menyepelekan dosa-dosa kecil yang diperbuat. Padahal sekecil apapun dosa yang dilakukan harus mendapatkan pertanggung jawaban di akhirat nanti.

Terkadang manusia terlalu percaya diri, bahwa dosa kecil yang dilakukan bisa ditutup dari perbuatan baik yang dilakukan. Inilah yang menjadi penyebab kenapa suatu saat nanti banyak orang muslim yang masuk neraka.

Kebiasaan menyepelekan dosa-dosa kecil inilah yang kemudian bisa menjadi dosa yang besar. Sesuatu yang berulang dilakukan, meskipun kecil akan menjadi besar.

Demikian halnya dengan dosa, jika anda melakukan dosa kecil terlampau sering, maka ujung-ujungnya juga akan menjadi dosa besar. Inilah yang mulai saat ini harus mulai anda pertimbangkan.

Untuk lebih jelas lagi, di bawah ini adalah beberapa penyebab begitu banyak umat muslim yang masuk neraka.

  • Mengingkari Janji

Selain berbohong, terkadang manusia juga teramat sering mengungkapkan janji, tapi jarang yang menepati semua janji yang diucapkan.

Hal inilah yang bisa mnjadi salah satu penyebab kenapa begitu banyak umat muslim yang masuk neraka.

Mereka yang mudah membuat janji dan mengingkarinya, maka sesungguhnya mereka telah melakukan dosa.

Sama seperti dosa yang lainnya, jika dilakukan berulang kali, maka akan mendapatkan pertanggung jawaban yang berat di akhirat nanti. Mulai saat ini, cobalah untuk mengontrol diri anda, sehingga tidak mudah mengikrarkan janji dan mudah mengingkari.

  • Sering Berbohong

Disadari atau tidak, dalam kehidupan sehari-hari, pasti sering sekali anda berbohong, entah berbohong kepada siapapun, baik itu kebohongan kecil atau besar sekalipun. Inilah yang bisa menjadi penyebab begitu banyak umat muslim yang masuk neraka.

Memang terkadang kebohongan kecil seolah tidak akan menciptakan dampak yang buruk. Tapi di akhirat nanti, sekecil apapun dosa yang dilakukan pasti akan mendapatkan perhitungan dan mendapatkan balasan dari Allah SWT.

  • Menganggap Allah Sebagai Maha Pengampun

Memang Allah SWT adalah Maha Pengampun, tapi bukan berarti sebagai umat muslim bisa bertindak sesuka hati untuk kemudian mengharapkan pengampunan Allah.

Perlu anda ketahui, saat anda melakukan sebuah dosa kecil, kemudian mengulanginya lagi, sebenarnya anda sedang mengikis karakter dan juga akhlak anda.

Hingga dikemudian hari anda terlalu biasa dengan dosa-dosa yang anda perbuat. Dosa-dosa sudah menjadi kebiasaan layaknya anda makan dan minum. Jika sudah sampai pada tahap ini, maka tidak heran jika suatu saat nanti banyak umat muslim yang masuk neraka.

  • Tidak Menganggap Dosa Sebagai Masalah Yang Besar

Orang muslim yang tidak lagi menganggap dosa sebagai masalah yang besar adalah mereka yang pasti terbiasa melakukan dosa. Mereka tidak lagi perduli dengan dosa yang mereka perbuat.

Mereka terlalu nyaman melakukan dosa-dosa kecil hingga kemudian terkumpul menjadi dosa berat yang harus dipertanggung jawabkan di akhirat nanti.

Anda perlu mengingat bahwa semua  dosa, sekecil apapun akan dipertanggung jawabkan. Jadi anda harus berpikir ribuan kali sebelum melakukan sesuatu yang menimbulkan dosa.

  • Menyepelekan Dosa Kecil

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, banyak orang yang menyepelekan dosa-dosa kecil. Kebanyakan mereka beranggapan jika amal baiknya bisa menutupi dosa kecil yang dilakukan. Padahal , sekecil apapun dosa yang dilakukan akan mendapatkan pertanggung jawaban di akhirat kelak.

Mereka yang menyepelakan dosa-dosa kecil biasanya akan sering melakukan dosa tersebut. Hingga akhirnya terkumpul menjadi beban pertanggung jawaban yang berat. Hal ini juga persis seperti yang disabdakan oleh Rasulullah, yang kurang lebih berbunyi:

“Banyak dari umatku yang akan masuk neraka karena mereka menganggap remeh dosa-dosa kecil, dengan demikian dosa tersebut menjadi kebiasaan mereka sehari-hari.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*